Logo

KECAMATAN GEDANGAN (DESTINASI WISATA BAHARI)

Sekilas Tentang Kami :

GAMBARAN UMUM

    1. Kondisi Geografi

Berdasarkan Kondisi geografisnya berada pada daerah Malang bagian selatan, dengan keadaan permukaan tanah datar sampai berombak mencapai 40 % dari seluruh luas wilayah Kecamatan Gedangan, sedang sisanya (60 % ) merupakan dataran yang berombak berbukit. Ketinggian rata-rata dari permukaan air laut + 350 meter dengan suhu 22 s/d 29, curah hujan mencapai + 1.690 luas keseluruhan wilayah kecamatan adalah 20.171 Ha, dimana jarak antara pusat pemerintahan kecamatan dengan pusat pemerintahan desa sebagai berikut :

  1. Desa Gedangan         : 1,5 Km;
  2. Desa Segaran            :  9,5 Km;
  3. Desa Sumberrejo       :  11 Km;
  4. Desa Sidodadi           :  10 Km;
  5. Desa Gajahrejo         :   7 Km;
  6. Desa Sindurejo         :    9 Km;
  7. Desa Tumpakrejo      :  18 Km;
  8. Desa Girimulyo         :  3 Km.
    1. Kondisi Demografi

Pembahasan kondisi kependudukan akan berhubungan langsung dengan masyarakat/penduduk. Peran serta penduduk dalam pembangunan wilayah mempunyai ikatan yang cukup kuat sesuai dengan tempat tinggalnya. Karakteristik sosial yang dimaksud disini adalah karakter dari masing-masing penduduk. Kecamatan Gedangan merupakan Kecamatan pinggiran ( Malang bagian selatan ) dimana kehidupan masyarakatnya heterogen. Pola kehidupan Gotong-royong masih sangat kental,yang mana masih memegang tradisi leluhur ( Budaya Selamatan, Bersih Desa, Suroan dll ).

        Pertumbuhan penduduk di Kecamatan Gedangan mencapai 1,8 % per tahun. Jumlah penduduk Kecamatan Gedangan sampai dengan Bulan Oktober 2017 sebanyak 58.180 jiwa yang terdiri dari :

  • Penduduk Laki-laki sebanyak  29.950 jiwa
  • Penduduk Perempuan sebanyak 28.230 jiwa

Jumlah penduduk dirinci menurut agama adalah sebagai berikut :

-  Islam       : 57.073 Jiwa

- Katolik      :     943 Jiwa

- Protestan :       35 Jiwa

- Hindu       :       45 Jiwa

- Budha      :       78 jiwa

          Dimana kehidupan antar umat beragama sangat kondusif dan hidup berdampingan saling tolong menolong dan saling hormat menghormati. Dilihat jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan rata rata di Desa masih setingkat SLTP .Untuk setingkat SLTA. Dukungan fasilitas pendidikan sudah cukup memadai mulai dari DS/MI ; SMP/MTs dan ada 2 SMA/SMK Swasta, untuk pendidikan ke jenjang lebih tinggi masih harus ke Kota Malang.

Dilihat dari kegiatan aktivitas masyarakat berdasarkan mata pencaharian di dominasi pada sektor pertanian dan perkebunan yang didominasi oleh Buruh Tani, adapun komposisinya dengan sektor lain lebih rendah. Dalam melaksanakan aktifitas perekonomian di Kecamatan Gedangan didukung sarana infrastruktur sebagai berikut :

  1. Pasar Kabupaten :  1 Buah
  2. Pasar Tradisional : 2 Buah
  3. Pasar Hewan  : NIHIL  
  4. Toko/Kios : Buah
  5. Warung : 250 Buah
  6. KUD : 1 Buah
  7. Koperasi Non KUD : 11 Buah
  8. Bank Umum :  1 Buah
  9. Lembaga Keuangan Mikro Informal : 3 Buah

10.Industri Kecil :  213  Buah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita
PENDAMPINGAN SURVEY LOKASI PENGHIJAUAN OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Tumpakrejo, 21 Maret 2019 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang mensurvey lokasi penghijauan yang ada dikawasan desa tumpakrejo dengan didampingi Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Gedangan b ...

Berita
PELANTIKAN DAN BIMTEK PENGAWAS TPS

Dalam rangka tahapan Pemilu Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2019 Panwas Kecamatan Gedangan melaksanakan pelantikan pengawas TPS se Kecamatan Gedangan yang dilaksanakan di Gedung KPRI Agung Gedangan. Acara tersebut sel ...

Berita
PELANTIKAN PAC IPNI-IPPNU KECAMATAN GEDANGAN

Berempat di Gedung PGRI Kecamatan Gedangan dilaksanakan Pelantikan dan Seminar Pengurus anak Canag NU Kecamatan Gedangan masa bhakti 2019-2021 yang dibuka langsung oleh Camat Gedangan. Dengan adanya organisasi tersebut diharapkan bisa menjal ...